Selasa, 11 Desember 2007

“KAMI PUNYA TEMAN BARU...!!”

Kelas 1 senang sekali punya teman baru bernama Pak Agus Torey

Pada term 2 semester 1 ini, tema di kelas 1 adalah Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu…. Itu lo yang jadi semboyan negara kita tercinta. Kelas 1 belajar semua tentang Indonesia mulai dari dasar negara, lambang negara, provinsi di Indonesia, pakaian adat, rumah adat, lagu daerah dan makanan tradisionalnya.
Anak – anak SD kelas 1 sudah melakukan beberapa kegiatan diantaranya menyanyikan lagu-lagu daerah yaitu Soleram ( Riau ), Cublak-cublak suweng ( Jawa tengah ), Tokecang ( Jawa barat ), Ampar – ampar pisang ( Kalimantan Selatan ), O ina ni keke ( Sulawesi ) dan Apuse ( Papua ). Juga membuat rumah adat yaitu rumah adat dari Aceh ( Krong Bade ), rumah adat dari Sumatera Barat ( rumah gadang ), rumah adat jawa ( rumah mataram ), rumah adat bali ( rumah nata ), rumah adat kalimantan ( rumah bubungan tinggi ), rumah adat Sulawesi Selatan ( Rumah Toraja ) dan rumah adat Papua ( Rumah honai dan kariwari ). Dan kelas 1 sudah mempresentasikannya di acara Assembly Jum’at 24 November dengan sangat bagus.
Untuk melengkapi pembelajaran, maka pada hari Jum’at 24 November 2007, kelas 1 juga kedatangan narasumber yaitu saudara kita yang berasal dari Papua. Namanya Pak Agus Torey. Wah seru loh… Pak Agus menjelaskan semua tentang Papua. Dan anak – anak kelas satu senang sekali dan banyak bertanya tentang Papua. Apalagi sebelumnya kita sempat menonton film “ Denias”.
Untuk cookingnya kita mencoba membuat makanan khas Bandung yaitu Colenak. Mmmmmm… enak……
Wah ternyata kebudayaan Indonesia kaya sekali ya….. Kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Dan kita juga harus dapat bergaul dan berteman dengan siapa saja walaupun berbeda suku, bahasa dan agama.

Tidak ada komentar: